free hit counter

Waspada Telinga Berdengung, Bisa Jadi Gejala Penyakit!

Waspadai telinga berdengung, bisa jadi itu penyakit! Apakah telinga Anda sering berdengung? Ataukah Anda sering mendengar sensasi suara yang bukan berasal dari luar? Jika demikian, Anda sedang mengalami tinnitus. Tinnitus memang bukanlah kondisi yang berbahaya, namun jika telinga Anda berdengung terus menerus, waspadai telinga berdengung yang Anda alami, karena bisa jadi gejala penyakit.

Telinga berdengung dalam istilah medis disebut sebagai tinnitus. Tinnitus bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah simpton (gejala) yang menunjukkan adanya penyakit lain yang berbahaya. Memang tidak semua tinnitus berbahaya, karena terkadang tinnitus hanya terjadi sementara dan hilang dengan sendirinya. Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada, karena telinga berdengung bisa jadi gejala penyakit. Berikut penyakit yang ditandai dengan telinga berdengung (tinnitus).

Penyakit yang ditandai dengan telinga berdengung (tinnitus):

  1. Neuroma akustik (tumor otak)
    Neuroma akustik adalah jenis tumor jinak yang menyerang saraf yang mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan. Penyakit ini seringkali ditandai dengan gejala telinga berdengung (tinnitus). Untuk itu waspadai telinga berdengung, bisa jadi gejala penyakit neuroma akustik (tumor otak).
  2. Kanker Nasofaring
    Kanker nasofaring adalah salah satu jenis kanker yang terdapat pada nasofaring. Yakni bagian tubuh yang terletak di area belakang rongga hidung dan di atas bagian belakang tengkorak. Jika tinnitus terjadi secara berulang-ulang dan disertai dengan gejala lain seperti mimisan berulang, hidung tersumbat terus menerus dan diikuti pula dengan pembesaran kelenjar getah bening, bisa jadi merupakan pertanda kanker nasofaring.
  3. Insomnia
    Telinga berdengung (tinnitus) sangat berpotensi menyebabkan gangguan tidur (insomnia). Suara dengungan yang terjadi secara terus menerus dan rasa sakit yang tak kunjung hilang menyebabkan banyak penderita tinnitus juga mengalami insomnia.
  4. Meniere
    Meniere adalah gangguan telinga bagian dalam. Adanya gangguan pada bagian dalam telinga inilah yang menyebabkan munculnya suara berdengung (tinnitus). Atau dengan kata lain meniere seringkali ditandai dengan munculnya suara berdenging (tinnitus) terlebih dahulu.
  5. Cedera kepala atau leher
    Munculnya suara berdengung (tinnitus) juga menjadi pertanda adanya cedera kepala atau leher. Cedera yang terjadi di kepala atau leher dapat menyebabkan munculnya suara berdenging (tinnitus).

Namun untuk mengetahui apakah telinga berdenging (tinnitus) yang Anda derita berbahaya atau tidak, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu. Namun jika ahli kesehatan telah menyatakan bahwa tinnitus yang Anda derita tidak disebabkan karena penyakit yang berbahaya seperti di atas, Anda bisa menghilangkannnya dengan terapi.

Anda tak perlu khawatir karena terapi ini telah terbukti secara medis dan diakui keefektifannya oleh berbagai pihak dalam membantu mengatasi rasa sakit dan menghilangkan tinnitus. Terapi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi tinnitus adalah Terapi Binaural Beats Tinnitus.

Terapi Binaural Beats Tinnitus merupakan sebuah terapi yang kami rancang khusus untuk membantu menyembuhkan dan mengatasi tinnitus. Terapi ini bekerja dengan memaksimalkan kekuatan gelombang otak (brainwave).

Stimulasi gelombang otak dari Terapi Binaural Beats Tinnitus akan membawa Anda menuju kondisi rileksasi yang sangat nyaman. Kenyamanan yang Anda dapatkan akan mengalihkan perhatian Anda akan suara berdenging dan rasa sakit yang terjadi akibat tinnitus, kenyamanan itu pula yang akan secara perlahan menghilangkan stres yang Anda rasakan saat tinnitus menyerang.

Prinsip kerja ini adalah memberikan kenyamanan dan rileksasi yang pada akhirnya dapat mengalihkan perhatian Anda pada suara dengungan maupun rasa sakit yang disebabkan oleh tinnitus sehingga dapat membantu meminimalisir dampak negatif dari tinnitus. Kenyamanan yang dihasilkan dari terapi ini dapat berfungsi membantu Anda untuk:

  • Mengubah cara berpikir Anda tentang tinnitus
  • Pelajari cara untuk memfokuskan perhatian Anda jauh dari tinnitus Anda
  • Kontrol stres yang terkait dengan tinnitus.

Dengan kenyamanan secara rutin yang Anda dapatkan saat menggunakan terapi ini, secara perlahan akan membantu meringankan tinnitus dan rasa sakit yang ditimbulkan yang pada akhirnya dapat menghilangkan tinnitus dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Informasi lebih lanjut berkaitan dengan terapi untuk menghilangkan tinnitus, bisa Anda klik di sini: Tinnitus – Menghilangkan Suara Berdering di Telinga

Baca Artikel Lainnya

Komentar

Komentar



Tinggalkan Balasan