free hit counter

Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Menggertakkan Gigi Saat Tidur

Menghilangkan kebiasaan Menggertakkan gigi,- Menggemeretakkan gigi saat tidur secera medis dinamakan bruxism. Bruxism adalah kondisi di mana Anda menggemeretakkan gigi Anda secara tidak sadar saat tidur. Bruxism dianggap sebagai salah satu gangguan tidur. Orang-orang yang menggemeretakkan giginya saat tidur biasanya juga memiliki kelainan-kelainan saat tidur lainnya, seperti mengorok dan sleep anea

Bruxism ringan memang tidak memerlukan perawatan atau pengobatan lebih lanjut. Akan tetapi, untuk beberapa kasus, bruxism bisa sampai menyebabkan kelainan dagu, sakit kepala, merusak gigi, dan masalah-masalah lainnya.

Dalam dunia medis  penyebab dari bruxism belum dapat diketahui secara pasti. Akan tetapi, diperkirakan, bruxism dapat disebabkan hal fisik dan psikis. Berikut di antaranya:

  • Emosi, seperti ketakutan, stress, marah, dan frustrasi
  • Kepribadian orang, seperti agresif, kompetitif, dan hiperaktif
  • Maloklusi,  posisi rahang atas dan rahang bawah yang tidak simetris, sehingga mencegah gigi dapat bertemu sebagaimana seharusnya
  • Kelainan tidur lain, seperti sleep apnea
  • Efek samping dari sakit telinga atau sakit gigi (biasanya terjadi pada anak-anak)
  • Efek samping dari obat-obatan psikiatri, seperti phenothiazines atau antidepresan (meskipun hal ini jarang terjadi)
  • Akibat dari komplikasi kelainan lain, seperti Huntington atau parkinson

Tanda-tanda jika Anda Mengidap Bruxism

Penderita Bruxism memang tidak akan bisa menyadari apa yang dilakukannya, pasalnya terjadi saat tidur. Hal ini bisa diketahui kalau orang yang tidur di dekat Anda memberi tahu bahwa Anda sering menggemeretakkan gigi saat sedang tidur.  Beberapa gejala yang mungkin Anda deteksi sendiri sebagai akibat dari bruxism adalah:

  • Jika Anda menggemeretakkan gigi cukup keras saat tidur sampai orang yang tidur di dekat Anda terbangun
  • Jika Anda merasa gigi Anda ada yang menjadi lebih pipih, patah, tercuil, atau bahkan goyang
  • Jika Anda merasa enamel gigi Anda terasa licin atau rata, sehingga lapisan dalam gigi Anda kelihatan
  • Jika Anda merasa gigi Anda menjadi lebih sensitif
  • Jika Anda merasa sakit pada dagu atau wajah Anda
  • Jika Anda merasa otot dagu Anda lelah
  • Jika Anda berpikir Anda terkena sakit telinga, padahal nyatanya tidak
  • Jika Anda merasa sakit kepala ringan, terutama di daerah sekitar pelipis
  • Jika Anda merasa gusi Anda terluka
  • Jika Anda merasa ada lekukan di lidah Anda

Bruxism biasanya tidak terjadi secara parah. Namun, dalam kasus yang serius, bruxism bisa menyebabkan masalah-masalah lain, seperti, Kerusakan pada gigi atau dagu, Sakit kepala, Rasa sakit pada wajah, Kelainan di otot temporomandibular, otot yang terletak di depan telinga Anda, yang mungkin terkadang berbunyi saat Anda membuka dan menutup mulut Anda

Cara Mengobati Broxim

Karena memang biasanya bruxism terjadi dengan tidak terlalu parah, biasanya tidak diperlukan pengobatan khusus. Apalagi kalau terjadi pada anak-anak, biasanya bruxism akan hilang sendirinya seiring si anak bertumbuh besar. Akan tetapi, kalau bruxism bertambah parah, maka Anda membutuhkan perawatan khusus. Karena bruxism bisa disebabkan oleh hal fisik maupun psikis, maka ada beberapa jenis pendekatan pengobatan yang dapat Anda lakukan. Berikut di antaranya:

Pengobatan dari sisi kesehatan gigi

Apabila posisi gigi Anda tidak sebagaimana semestinya, biasanya dokter akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan alat-alat berikut ini. Meskipun alat-alat ini bisa mencegah atau memperbaiki gigi Anda, tetapi tak mampu menyembuhkan bruxism yang Anda idap.

  • Splin atau mouth guards. Alat ini dibuat untuk memisahkan rahang atas dan rahang bawah Anda untuk menghindari kerusakan pada gigi akibat kebiasaan menggemeretakkan gigi. Alat ini dapat dibentuk dari akrilik atau bahan-bahan lembut yang bisa muat di atas atau bawah gigi Anda.
  • Koreksi dental. Memperbaiki gigi Anda yang tidak simetris biasanya dapat membantu Anda mengatasi bruxism. Dalam beberapa kasus, bila Anda merasa gigi Anda lebih sensitif dan tidak bisa mengunyah secara sempurna, dokter akan memperbaiki permukaan atas gigi Anda. Dalam beberapa kasus lain, mungkin Anda dianjurkan untuk menggunakan kawat gigi atau operasi mulut.

Pengobatan dengan terapi

Belum ada pengobatan yang tepat untuk menghilangkan serta mengatasi kebiasaan buruk ini. para dokter gigi hanya akan memberikan solusi sebuah alat penahan gigi (pelat) pada gigi atas dan bawah untuk mengurangi resiko yang lebih parah lagi.

Di era modern ini, metode terapi telah dikembangkan oleh para pakar untuk mengatasi dan menghilangkan gangguan kesehatan tersebut, termasuk mengatasi dan menghilangkan kebiasaan menggertakkan gigi ketika sedang tidur.

Salah satu penyebab kenapa Anda mengalami kebiasaan buruk ini adalah, adanya gangguan psikologis pada diri Anda serta tekanan-tekanan mental lainnya. Dengan menggunakan metode Terapi Binaural Beats, Otak Anda akan diberi stimulus dengan frekuensi tertentu untuk membawa Anda ke dalam pikiran bawah sadar. Dengan begitu Anda akan diajak untuk memprogram ulang pikiran Anda supaya tidak kembali lagi mengulang menggertakkan gigi.

Terapi ini sangat mudah dan praktis, pasalnya Anda tak perlu membuang waktu Anda. Anda hanya cukup menggunakannya di manapun dan kapanpun Anda berada. Terapi ini dibuat oleh para ahli seteah melalui proses bertahun-tahun dalam bentuk audio yang kemudian diproduksi dalam bentuk CD.

Terapi ini tidak menimbulkan efek samping apapun jadi sangat mudah dalam menggunakannya. untuk lebih jelasnya terkait terapi ini silahkan menghubungi CS kami atau klik Grinding Teeth – Menghilangkan Kebiasaan Menggertakkan Gigi Ketika Sedang Tidur

Baca Artikel Lainnya

Komentar

Komentar



Tinggalkan Balasan