free hit counter

Kupas Tuntas !!! Kelebihan dan Kekurangan Belanja Via toko Online Dan Marketplace

Berkembangnya teknologi online sekarang ini membuat trend pasar baru dimasyarakat. Dimana ada Kecenderungan transaksi pembelian barang tidak lagi dilakukan secara offline tapi beralih secara pesat dan signifikan menjadi secara online. Belanja Online Tidak lagi hanya digemari oleh kalangan jet set dan high class saja, namun kalangan menengah kebawah pun sekarang sudah sangat familiar dan tak mau kalah berbelanja secara online.

Hal ini tentu saja berdampak sangat positif pada pelaku bisnis online shop yang makin digemari dan diminati. Mulai dari produk fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari hingga aneka produk makanan membanjiri pasar online ini. Para pelaku usaha mencari strategi jitu agar produk mereka semakin dikenal dan mencari pasar dengan memanfaatkan berbagai kemudahan online marketing.

Seorang pelaku bisnis online bisa dikatakan sudah benar-benar menerjuni bidangnya jika sudah memiliki toko online sendiri atau website resmi toko yang dikelolanya. Dengan memiliki toko online mereka bisa diperhitungkan eksistensi dan keprofessionalan nya dalam melakoni  Suatu bisnis.  Selain toko online biasanya mereka mencari segmen pasar lain dengan melebarkan sayap marketing dengan membuka toko online dimarketplace. Hal ini mereka lakukan untuk menjaring para konsumen yang kurang bisa percaya belanja langsung  melalui website resmi .

Perlu anda ketahui Ada banyak kelebihan dan kekurangan disaat melakukan pembelian, baik itu melalui toko online maupun via marketplace. Agar anda tak perlu lagi ragu, bingung ataupun  galau mau belanja via apa . Berikut ini akan dikupas secara tuntas khusus untuk anda para penikmat surga belanja online kelebihan dan kekurangan belanja di toko online dan di marketpace,    silahkan disimak  :

  1. Spesifikasi Produk

Hal yang paling digemari belanja via toko online adalah anda bisa memilih produk Dengan spesifikasi yang lebih detail.  Cukup dari smartphone saja,  anda bisa mengetahui secara lengkap spesifikasi barang yang anda minati dengan varian serta pilihan gambar yang lebih mendetail. Beda dengan marketplace yang terkadang info spesifikasinya hanya secara global dan cenderung lebih singkat. Jadi anda akan lebih puas tentunya jika memilih barang yang tepat via toko online.

  1. Keaslian dan kwalitas sebuah produk .

Berbelanja via  toko online biasanya lebih menjamin keaslian dan kwalitas akan suatu produk, karena ditoko online ini biasanya  dijelaskan  detail company profil, data-data lengkap perijinan produk, lisensi resmi dan lain-lain. Hal ini tentu tidak sama dengan marketplace dimana dengan mudahnya setiap orang bisa membuka toko tanpa adanya dokumen pendukung keaslian suatu produk. Hal ini sangat Rawan penipuan dan anda bisa dengan mudah jadi korban produk aspal atau KW.

  1. promo dan diskon.

Belanja ditoko online apalagi jika ada hari-hari besar nasional atau event-event tertentu , sering mengadakan promo – promo menarik yang  lebih menggiurkan. Hal ini sangat menguntungkan anda tentunya, karena lebih meringankan kantong dan tak perlu keluar budget yang terlalu besar saat ingin membeli produk yang anda minati. Sedangkan di marketplace promo tidak bisa ditentukan sendiri harus mengikuti  aturan marketplacenya sedang ada promo atau tidaknya.

  1. Unlimited waktu belanja dan Responsivitas .

Dengan  belanja via toko online anda bisa melakukan transaksi pada jam berapapun semau anda.  anda punya hak penuh akses kapanpun dan dimanapun ketika memesan produk tersebut  dg kurun waktu tak terbatas karena toko akan tetap selalu buka 24 jam tanpa ada kata tutup. Sebenarnya dimarketplace pun  sama namun  biasanya ditoko online lebih fast respon loh dibanding marketplace.

  1. Ketersediaan Stock Barang.

Pada saat anda memutuskan belanja online pasti anda menginginkan agar prosesnya cepat bukan? Anda ingin secepatnya menerima barang yang dipesan. Hal ini berarti anda harus jeli memilih toko yang stocknya melimpah dan selalu ready. Dan toko online lah juaranya.. kenapa? Karena pada toko online mereka biasanya menjadi second hand bahkan bisa jadi mereka adalah produsen langsung. Beda dengan marketplace yang terkadang menjual barang tanpa stock ,bahkan mereka hanya reseller atau dropshipper yang mengandalkan stock dari toko lain.

  1. Harga

Berbicara mengenai harga, anda bisa jadi lebih tertarik dan melirik untuk memilih via marketplace hal ini dikarenakan banyaknya penjual dimarketplace sehingga masing-masing toko bebas menentukan harga bahkan jauh dibawah harga standardnya. Namun jangan salah dengan memilih harga yang jauh lebih murah anda bisa saja malah menerima produk palsu yang tidak sesuai yang diharapkan. Beda dengan toko online yang memang mematok harga standard sesuai spesifikasinya. 

  1. Pengiriman Barang

Untuk masalah pengiriman barang hal ini berkaitan pula dengan masalah stock biasanya jika anda membeli via marketplace yang stocknya tidak ready tentu akan lebih memerlukan waktu dan proses lama dalam melakukan pengiriman. beda dengan toko online karena selalu ready stock mereka lebih mengutamakan kecepatan pengiriman agar customer mereka bisa tetap menjadi pelanggan setia.

Beberapa ulasan diatas bisa menjadi acuan anda sebagai pembeli harus sangat jeli dalam menentukan pilihan ,entah itu belanja via toko online ataupun melalui marketplace. Sebenarnya keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,  toh final decission ada ditangan anda para customers. Yang penting tingkatkan kewaspadaan jangan sampai dunia maya dan fatamorgana Online shop menipu anda dan alhasil anda malah kecewa pada akhirnya.

Baca Artikel Lainnya

Komentar

Komentar



Tinggalkan Balasan