free hit counter

Pembeli yang Bijak Harus tahu Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Toko Online dan Marketplace

Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Toko Online dan Marketplace,- Belanja secara online semakin banyak digemari mengingat banyaknya kemudahan, dan banyaknya waktu yang dihemat apabila belanja secara Online. Di Indonesia sendiri belanja secara online akhir-akhir ini meningkat tajam, hal ini terbukti dengan makin banyak aktivitas jasa pengiriman barang hingga ke pelosok desa. Petugas pengirim jasa seringkali dijumpai membawa barang yang tak sedikit, dan mereka ada di mana-mana.

Di sisi lain, banyaknya pesanan secara online berdampak pada menurunya pembeli di pasar, atau Mall. Hal ini disinyalir karena semakin banyaknya aktivitas, dan kesibukan. Belanja secara online dinilai lebih mudah dan praktis. Ya, zaman telah berubah, kalau tidak mengikuti perkembangan dan berinovasi akan ketinggalan.

Bagi Anda yang gemar belanja secara online tentunya harus tahu mana yang lebih mudah, aman dan nyaman dalam berbelanja secara onine. Apakah sering Belanja lewat marketplace atau belanja melalaui toko online? Seorang Pembeli yang bijak harus tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembeli yang bijak harus tahu kapan membeli di toko online dan kapan membeli di marketplace. 

Keduanya adalah model jual beli online yang sedang ramai-ramainya dikunjungi oleh pembeli. Namun, Anda harus tahu sisi kekurangan dan kelebihan dari kedua model jual beli online tersebut.

Sebelum menginjak dalam perbandingan kelebihan dan kekurangan dari belanja di marketpalce dan toko online. Alangkah baiknya Anda paham betul apa itu market place dan apa yang disebut dengan toko online.

Apa sih yang disebut dengan Marketplace dan bagaimanakah cara kerjanya?

Sederhananya, marketplace bisa disebut dengan pasar online. Bagaimana bisa disebut seperti itu? Ibaratnya seperti ini, marketplace semacam tokopedia, buka lapak, lazada, elevania, shoppie dan lain sebagainya itu adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat beragam penjual maupun pelapak yang berasal dari berbagai daerah. Ketika Anda masuk ke dalam marketplace, Anda akan menemukan penjual yang berjubel, dengan harga dan barang yang bervariasi. Tak ayal, Anda akan bingung memilih barang, kualitas maupun harga yang ditampilkan.

Jadi ketika Anda belanja di marketplace, ibaratnya belanja di dalam pasar, namun dilakukan secara online.

Di dalam marketplace, seperti halnya di bukalapak, tokopedia dan lainnya. Akan mempertemukan banyak sekali penjual dengan ribuan pembeli dari seluruh pelosok daerah.

Perusahaan marketpalce menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli mudah melakukan transaksi.

Bisa dikatakan, perusahan marketplace tidak memiliki produknya sendiri, mereka hanya menyediakan suatu sistem agar transaksi antara penjual dan pembeli mudah dilakukan. Bahkan, perusahaan marketplace ini juga menjadi mediator yang memastikan transaksi dilakukan lebih aman.

Berikut adalah kelebihan berbelanja di marketplace secara umum :

Kelebihan Belanja di Marketplace

  1. Penjual tidak akan dapat menerima uang dari pembeli, sampai pembeli menyatakan proses pembelian selesai. Bahkan, apabila barang tidak sesuai dengan deskripsi, pembeli bisa komplain mengembalikan kembali barangnya
  2. Belanja di marketplace bisa dibilang sangat mudah dan cepat. Misalnya, ketika Anda memiliki saldo di bukalapak, atau tokopedia. Anda tinggal klik dan otomatis proses belanja selesai
  3. Semua bisa dilayani dengan mesin, itu artinya pelayanan sudah diatur oleh sistem dan bisa dilakukan kapan saja.

Lantas, apakah bisa dikatakan belanja di marketplace menjadi tempat belanja online paling aman? Belum tentu juga, tidak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna. Ternyata belanja di marketplace juga rentan tertipu sebagaimana kasus-kasus yang sering terjadi, berikut ulasannya.

Kekurangan Belanja di Marketplace

  1. Tidak semua penjual di Marketplace merupakan penjual asli. Ada beberapa penjual yang hanya memposting gambar tanpa memiliki produk. Biasanya produk-produknya diambil dari orang lain. Bisa dikatakan, membeli di marketplace kemungkinan besar belanja kepada makelar. Walau tidak semua, penjual di marketplace disinyalir hanya memposting gambar saja. Mengingat sangat mudahnya membuat toko di marketplace.
  2. Penjual hanya fokus menjual tanpa mengedukasi pembeli, kebanyakan dari mereka, penjual di marketplace hanya bertujuan mencari keuntungan dari barang yang di jualnya, tanpa adanya edukasi yang bermanfaat.
  3. Interaksi antara penjual dan pembeli sangatlah kurang, hubungan penjual dan pembeli hanya sebatas jual beli barang tidak lebih
  4. Sebagian besar penjual di marketplace tidak memiliki toko online. Padahal, seperti yang kita tahu, belum disebut penjual online kalau belum mempunyai toko online sendiri.

Belanja di toko online

Dalam membangun toko online, sama halnya membangun sebuah brand. Pasalnya, dalam membangun sebuah toko online dibutuhkan keahlian khusus meliputi design, coding, komunikasi lisan dan komunikasi tulisan agar bisa menang di keyword google. Itu artinya, kemungkinan penjual menipu pembeli sangatlah minim lantaran penjual akan selalu menjaga reputasi dan nama baik toko onlinenya

Dengan tingkat kesulitan tinggi seperti inilah yang membuat banyak penjual abal-abal tidak mampu menjual di toko online dan lebih memilih di marketplace. Bisa dikatakan hanya penjual profesional yang mempunyai toko online dan bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Berikut adalah kelebihan berbelanja di toko online yang perlu Anda ketahui

Kelebihan Belanja di Toko Online

  1. Kualitas dari produk toko online lebih bisa dipercaya. Pasalnya, penjual di toko online biasanya mempunyai produknya sendiri, atau mempunyai kerjasama dengan produsen secara lebih khusus.
  2. Anda akan lebih paham dengan deskripsi yang ada di toko online lantaran penjelasan yang lengkap dan detail. Selain itu banyak sekali artikel pendukung tentang produk dan fungsinya. Tentu hal ini akan menjadikan pembeli semakin paham terhadap barang yang dijual.
  3. Ketika ada suatu masalah, biasanya penjual toko online siap memberikan solusi. Bahkan, terdapat sebagian situs toko online yang memberikan layanan ekstra dengan menanggapi keluhan, atau mengembalikan uang yang sudah dibayarkan jika terjadi komplain.
  4. Penjual toko online biasanya akan berusaha menjadikan pembeli sebagai mitra atau klien. Selain itu, penjual di toko online juga mengedukasi pengunjung dengan artikel-artikel yang mendidik, ada pula sosial media untuk bergabung. Sehingga hubungan antara penjual dan pembeli masih terjalin.
  5. Untuk belanja kembali ke toko onine sangat mudah, pasalnya mereka mempunyai tokonya sendiri. Hal ini tentu berbeda dengan penjual di marketplace, karena yang teringat oleh pembeli hanya marketplacenya bukan penjualnya.
  6. Membeli di toko online ibaratnya membeli di toko, sementara membeli di marketplace seperti halnya membali di pasar. Itu artinya membeli di toko online, rebutan pembeli bisa diminimalisir, sehingga kualitas barang bisa semakin ditingkatkan.
  7. Sangat cocok untuk membeli barang-barang yang khusus. Yakni barang-barang yang tidak semua orang punya. Atau mampu memasarkannya.

Kekurangan Belanja di Toko Online

  1. Salah satu kekurangan yang terjadi di toko online adalah pelayanan dilayani oleh orang, sehingga seringkali ketika ditelpon tidak diangkat, atau sudah sms tapi masih menunggu lama
  2. Pembeli harus konfirmasi ke penjual supaya barang siap dikirim

Dari pemaparan di atas, tentunya Anda sudah tahu untuk belanja di mana. Karena setiap pilihan pasti ada kelebihan dan kekurangan. Jadilah pembeli yang cerdas dan percaya diri. Jangan sampai tertipu karena kemurahan harga, karena dampaknya pada diri Anda sendiri.

Belilah di toko yang Anda percaya dengan percaya diri. Bila merasa lebih mudah percaya belanja di marketplace, belilah di marketplace yang telah direkomendasikan oleh toko online. Sekali lagi, jadilah pembeli yang bijak dan cerdas. Jangan sampai tertipu dengan harga yang murah.

Jadilah Pembeli yang Bijak, Teliti dan Percaya diri. Karena itu Adalah Sebuah Cerminan Sikap Sehari-hari.

 

Baca Artikel Lainnya

Komentar

Komentar



Tinggalkan Balasan