free hit counter

3 Gangguan yang Patut Anda Waspadai Akibat Sering Bersendawa

Cara Mengatasi Sendawa,- Bersendawa setelah makan merupakan hal yang lumrah. Akan tetapi,apabila anda bersendawa berkali-kali bisa jadi terdapat gangguan penyakit atau karena pengaruh efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu .

Lalu apa sih sebenarnya yang mengakibatkan seseorang bersendawa?

Secara umum bersendawa dilakukan setelah makan. Dan ini sebenarnya adalah hal yang baik bagi tubuh. Pasalanya, udara atau gas yang berada di dalam tubuh berhasil keluar sehingga menjadikan perut lebih nyaman.

Ketika anda makan dan minum, sesungguhnya yang masuk ke dalam perut anda tidak hanya makanan dan minuman saja. Akan tetapi, ada udara yang berupa gas oksigen dan nitrogen yang ikut masuk ke dalam perut. Apabila gas ini sudah menumpuk, gas ini harus segera dikeluarkan.

Respon tubuh untuk mengeluarkan gas ini dengan cara dipaksa keluar dari perut lalu naik ke kerongkongan (tabung yang menghubungkan bagian belakang kerongkongan dengan perut) agar bisa dikeluarkan melalui mulut sehingga terjadilah sendawa.

Namun, apabila anda bersendawa berkali-kali dengan diikuti gejala lainnya, bisa jadi anda terkena gangguan kesehatan yang mendasari terjadi hal tersebut.

Berikut adalah gangguan kesehatan yang patut anda waspadai jika bersendawa berlebihan.

Gangguan Akibat Bersendawa

1. Dispepsia

Dispepsia adalah gejala yang berkaitan denga fungsi pencernaan. Penderita akan mengalami bersendawa berlebihan, selain itu ia akan mengalami gejala lain yang menyertainya seperti perut kembung, nyeri, mual, muntah, merasa terlalu kenyang setelah makan, kurang nafsu makan, bahkan memuntahkan sebagian makanan yang sudah dimasukkan ke dalam tubuh. Penyebab dari penyakit ini adalah dikarenakan stres psikologis, merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi obat berlebihan

2. Ganguan pada Esofagus

Ketika terjadi gangguan esofagus, penderita akan sering bersendawa, tidak hanya itu,aliran asam dan makanan yang di dalam lambung berbalik ke kerongkongan. Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderita

3. Sakit Maag

Penyakit maag disebabkan oleh meningkatnya jumlah asam lambung, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung. Kondisi ini akan membuat penderita maag lebih sering bersendawa dan terkadang diikuti rasa mual.

Apabila anda bersendawa terus menerus dan diikuti gejala lain sebagaimana hal-hal di atas sehingga menyebabkan aktivitas anda terganggu. Maka lebih baik jangan menyepelekannya, segera atasi hal tersebut dengan berkonsultasi ke dokter.

Walaupun Pada umumnya bersendawa bukanlah hal yang berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus jika tidak diikuti gejala-gejala penyakit sebagaimana uraian di atas. Namun meski sendawa adalah proses alami, tapi tetap saja ada saat kita perlu mencegah sendawa, seperti pada acara jamuan resmi. Untuk mencegah sendawa, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Sendawa

  • Hindari makan dan minum terburu-buru.
  • Merokok menyebabkan Anda menghirup udara. Minimalkan atau hindari merokok.
  • Batasi konsumsi permen dan permen karet.
  • Hindari konsumsi bir dan minuman berkarbonasi yang mengandung gas karbondioksida.
  • Jika menggunakan gigi palsu, coba periksakan agar pemasangannya tepat sehingga Anda tidak menelan udara yang tidak perlu.
  • Jika Anda adalah pengidap nyeri ulu hati ringan, cobalah untuk mengonsumsi obat yang dijual bebas, seperti antasida, atau mengonsultasikannya ke dokter jika Anda mengalami gejala yang cukup berat.
  • Konsumsi suplemen atau minuman probiotik untuk membantu pencernaan.
  • Hindari makan dalam porsi besar. Juga hindari makan tepat sebelum waktu tidur.
  • Hindari mengonsumsi makanan berlemak, makanan yang mengandung asam seperti jus buah, kopi, tomat, dan bawang bombay, dan makanan pedas seperti merica dan cabai.
  • Daripada direbus, lebih baik sayuran dimasak dengan cara dikukus.
  • Hindari perubahan suhu lambung yang tiba-tiba. Misalnya meminum minuman panas kemudian minuman dingin.
  • Kenakan pakaian longgar. Pakaian ketat, terutama di sekitar pinggang karena berisiko menyebabkan sendawa dan perut yang tidak nyaman.

Mengatasi Sendawa dengan Terapi Binaural Beats Burping

Selain itu untuk mengurangi bersendawa berlebihan, kalau dimungkinkan cobalah untuk berbaring menyamping atau dengan cara mendekatkan lutut anda ke dada. Jika hal ini masih belum bisa mengurangi kebiasaan bersendawa anda, sehingga mengganggu aktivitas anda. Anda bisa menggunakan sebuah terapi yang dirancang khusus untuk menghilangkan sendawa.

Terapi yang dimaksud adalah terapi Binaural Beats Burping. Terapi ini merupakan sebuah terapi yang diproduksi dalam bentuk audio yang diracang khusus oleh para ahli dengan menggunakan frekuensi gelombang otak yang telah disesuaikan dan telah terbukti membantu anda mengatasi dan menghilangkan kebiasaan bersendawa yang mengganggu anda.

Terapi Binaural Beats Burping ini dicetak dalam bentuk CD sehingga anda akan sangat mudah dalam menggunakan dan mendapatkannya. Stimulasi gelombang otak yang terdapat pada terapi ini ditambah visualisasi yang anda lakukan akan memprogram persepsi dirianda dari orang yang terbiasa bersendawa di mana pun berada, menjadi rang yangmampu mengontrol diri dan mampu menghilangkan kebiasaa sendawa anda.

Keterangan selengkapnya tentang Terapi Binaural Beats Burping bisa Anda klik di sini: Burping – Menghilangkan kebiasan bersendawa

 

Baca Artikel Lainnya

Komentar

Komentar



Tinggalkan Balasan