free hit counter

Sering Menunda Pekerjaan? Ketahuilah Sebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Menunda Pekerjaan,- Hampir semua orang memilik masalah yang disebut suka menunda pekerjaan. Beberapa orang menyadarinya, namun sebagian yang lain tidak menyadarinya sama sekali. Dampak dari kebiasaaan menunda-nunda sangat sistemik dan masif. Antara lain adalah kehilangan peluang emas, pekerjaan menumpuk, tekanan mental, stres, kecewa, perasaan bersalah dan lain-lain.

Selain berdampak pada diri sendiri, kebiasaan menunda-nunda juga berdampak pada teman-teman, sahabat, kolega dan orang-orang di sekitar kita. Ini akan menjadi ciri yang tidak baik bagi anda. Sehingga banyak kesempatan menarik yang seharusnya diberikan kepada anda, akhirnya dilempar kepada orang lain karena kebiasaan menunda anda.

Apakah hal-hal buruk seperti itu akan anda pertahankan tertanam pada diri anda? Tentu tidak bukan?

Kebiasaan menunda adalah permasalahan kompleks hampir bagi setiap orang. Jika anda tidak segera berbenah, kebiasaan buruk ini akan menjadi bumerang tersendiri bagi anda, sehingga kehidupan anda akan suram dan menjadikan anda menyesal seumur hidup.

Setiap penundaan yang anda lakukan, pada umumnya dilakaukan oleh sebab yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum mengatasi kebiasaan buruk menunda-nunda, alangkah baiknya mempelajari hal apa saja yang menjadikan anda terbiasa melakukan penundaan.

Terkadang anda menunda karena bingung atas apa yang akan anda kerjakan, mana yang harus dikerjakan dahulu karena tumpukan pekerjaan anda begitu banyak. Kemudian di lain  waktu, anda menunda pekerjaan karena stress atau mungkin karena pengalaman buruk yang pernah anda alami di masa lalu.

Untuk itu, anda akan kami ajak untuk mengeksplorasi sebab-sebab penundaan yang paling sering muncul dan cara-cara sederhana mengatasinya.

Sebab-sebab Penundaan dan Cara Mengatasinya

1. Stres

Jika pikiran anda sedang stress, otomatis mood anda untuk bekerja dan melakukan aktivitas akan menurun drastis. Sehingga terjadilah penundaan-penundaan yang berakibat pada penumpukan tugas dan pekerjaan. Cara yang bijak untuk menghilangkan penyebab stres, atau paling tidak menurunkannya adalah mulai dengan melakukan hal-hal yang disukai, bisa jalan-jalan, belanja, wisata kuliner dan lain sebagainya. Jika mood sudah kembali, kembalilah beraktivitas dengan semangat

2. Terjebak dalam tumpukan jadwal

Dalam suatu waktu, terkadang kita mendapatkan tugas yang menumpuk dengan waktu yang sangat mepet. Sehingga tanpa disadari membuat diri anda merasa tidak mampu menyelesaikannya. Dengan banyaknya tugas yang ada, tanpa kita sadari, bukannya menyelesaikan satu persatu secara sungguh-sungguh, malah membuat kita menundanya. Dalam situasi seperti ini hal yang wajib kita lakukan adalah :

  • Menghilangkan hal-hal yang ingin dilakukan yang sebenarnya kurang bernilai untuk dilakukan.
  • Mendelegasikan beberapa tugas, dan
  • Menegosiasikan kembali batas waktu dari pekerjaan

3. Rasa Malas

Kondisi fisik dan emosi yang terlalu letih terkadang membuat kita terpancing untuk beristirahat sejenak. Namun, ternyata istirahatnya menjadi berkepanjangan dan malas melakuakan apa-apa atau yang lebih dikenal dengan istilah Mager (males gerak). Akibatnya tugas pun ditunda.

Untuk mengatasi hal ini, yang perlu anda lakukan adalah dengan cara bergerak bangkit dengan olahraga kecil dan melakukan tindakan –tindakan kecil. Jangan sampai membiarkan tubuh anda berdiam diri begitu saja.

4. Kurangnya motivasi

Jika ada merasa memiliki motivasi rendah kaena hal yang anda kerjakan merupakan suatu membosankan dan kurang bisa memuaskan batin, maka kondisi ini harus segera anda atasi. Pasalnya, dengan motivasi rendah kecendrungan untuk menunda pekerjaan akan semakin tinggi.

Solusi untuk menghadapi hal ini adalah dengan mencari manfaat/keuntungan yang bisa membuat Anda termotivasi untuk melakukan hal yang diperlukan.

5. Kurangnya disiplin

Jika disiplin kita rendah maka penundaan akan menyelinap masuk dan menguasai diri kita. Oleh karena itu Anda harus benar-benar meniatkan diri untuk menyelesaikan tugas, tidak peduli apakah itu menyenangkan atau tidak. Tanamkan dalam diri Anda bahwa justru hal-hal tidak enaklah yang akan membuat Anda sukses.

6. Managemen diri yang buruk

Managemen diri yang buruk akan megakibatkan seringnya terlambat dan menumpuknya pekerjaan. Akibatnya, penundaan-penudaan lain bermunculan seiring banyaknya tugas yang belum terselesaikan. Untuk mengatasi hal ini yang perlu anda lakukan adalah managemen waktu yang baik. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mencatat semua tugas anda alam secarik kertas atau notepad.

7. Kurangnya keterampilan yang dibutuhkan

Salah satu penyebab penundaan lain adalah tidak memiliki keterampilan yang memadai. Hal ini akan membuat anda segan dan ragu untuk memulai untuk melakukan sesuatu

Untuk itu, anda harus sadar dan kemudian segera belajar, training atau kursus singkat supaya menangani hal tersebut. Atau hal yang paling mudah adalah mendelegasikan tugas yang tidak mampu kepada orang lain yang mempunyai kemampuan.

8. Perfeksionis

Penyebab lain dalam hal menunda-nunda adalah keinginan untuk melakukan segala sesuatu setelah semuanya sempurna. Hingga akhirnya membuat anda mempunyai rencana menunggu di waktu yang tepat. Hingga penundaan-penudaan dan rencana ini tak terealisasi dan akhirnya pekerjaan pun terbengkalai.

Anda harus segera sadar bahwa, tidak ada yang langsung sempurna, perlu adanya proses. Karena sesuatu pasti bisa dbuat lebih baik. Berikanlah ijin pada diri anda untuk mentoleransi beberapa  kesalahan dan jadilah manusia normal.

Mengatasi Suka Menunda Pekerjaan dengan Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy

Untuk menghilangkan penyakit sering menunda-nunda memang bukanlah hal yang mudah. Namun jika Anda memiliki keyakinan yang kuat untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan anda akan mampu menghilangkannya.

Dalam penerapan penghilangan sikap sering menunda-nunda ini anda perlu menggunakan bantuan sebuah terapi agar proses untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan menjadi lebih mudah.

Terapi yang dimaksud adalah Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy. Terapi ini merupakan terapi yang dirancang khusus oleh para ahli dengan memadukan antara media brainwave (gelombang otak) dengan visualisasi diri yang akan memudahkan Anda menghilangkan kebiasaan menunda-nunda, meningkatkan motivasi diri, serta melatih diri untuk bisa menghargai waktu.

Para ahli telah bertahun-tahun meneliti dan mampu membuktikan efektivitas dari terapi ini. Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy mampu membantu menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, meningkatkan motivasi diri, serta melatih diri untuk bisa menghargai waktu.

Terapi ini diproduksi dalam bentuk audio dan dicetak dalam bentuk CD sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan dan  menggunakannya. tunggu apa lagi segera dapatkan kehidupan yang cemerlang anda dengan menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan ada.

Hidup hanya sekali lakukanlah yang terbaik di dunia dan ambillah kesempatan ini.

Keterangan selengkapnya tentang Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy bisa Anda klik di sini: Procrastination Therapy – Terapi Untuk mengatasi & Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda

“Menunda Pekerjaan Sama Halnya Menunda Kesuksesan”

 

Baca Artikel Lainnya

Komentar

Komentar



Tinggalkan Balasan